Home » , » TEORI RELATIVITAS ALBERT EINSTEIN KELIRU ?

TEORI RELATIVITAS ALBERT EINSTEIN KELIRU ?

INTRO 
Hello agan2 sekalian,
Sebelumnya Thread ini udah sempet ane posting di Lounge, karena merasa salah kamar.. jd ane repost disini aja gan..

Baru aja ane iseng2 baca-baca teori relativitas nya Albert Einstein..
(biasanya cuma baca sekilas doang..hehe)

Karena merasa penasaran dengan teori ruang dan waktunya, lubang cacing sebagai jalan pintas ke waktu2 tertentu, dsb...
ane pun mulai baca2 dan coba menelaah dan mengilustrasikan teori2 dasar relativitas nya Albert Einstein.



Salah satunya isi Teorinya yang ane rasa keliru adalah:

  Postulat II menyatakan bahwa di alam semesta ini hanya ada satu benda yang bergerak dengan kecepatan yang selalu sama. Benda tersebut adalah cahaya dengan kecepatan 300.000.000 m/s. Coba anda bayangkan lagi di antara pesawat anda dan permukaan bumi ada sebuah cermin yang selalu mengikuti kemanapun pesawat anda pergi.

 Jika anda menembakkan laser ke arah cermin dan dipantulkan kembali ke pesawat, dari sudut pandang anda laser tersebut terlihat bergerak lurus ke bawah ke arah cermin dan lurus kembali ke atas menuju pesawat. Tetapi dari sudut pandang saudara kembar anda laser tersebut tidak terlihat tegak lurus namun membentuk “V” karena saat pesawat menembak dan menerima kembali lasernya pesawat tersebut berada di dua posisi berbeda.
namun ada yg dianalogikan seperti ini juga, pantulan cahaya yg berada dlm objek yg bergerak (ini yg coba ane bahas)

 
Disini letak keunikannya. Laser yang bergerak membentuk huruf “V” memiliki jalur yang lebih panjang dibanding laser yang bergerak tegak lurus. Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa kecepatan cahaya selalu sama. Berarti dari sudut pandang saudara kembar anda laser tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke pesawat dibandingkan sudut pandang anda. Dan jika anda dan saudara kembar anda sama-sama menggunakan jam untuk mengukur waktu perjalanan laser tersebut, jam anda akan menunjukkan waktu yang lebih singkat daripada jam saudara kembar anda. Artinya jam anda bergerak lebih lambat dari sudut pandang saudara kembar anda. Dari sudut pandang anda kecepatan jam tetap sama. Perbedaan ini disebut dengan Time Dilation/Dilasi Waktu

Namun, ada yang aneh dengan teori tsb diatas (khususnya yg ane birukan)

nah, biar lebih gampang.. trus ane coba ilustrasikan CAHAYA (kecepatan 300.000.000m/s) menjadi sebuah BOLA (kecepatan 8m/s)
Berikut, ane lampirkan ilustrasi yg ane buat (ane gambar Pakai Corel Draw, agar panjang garis dapat ditentukan presisi dlm skalanya)

Diasumsikan BOLA adalah CAHAYA..
Bola sedang berada dalam objek pesawat yg bergerak lebih lambat, sehingga ikut berpindah..
disitu akan kelihatan aneh, kalau kita mengikuti penjelasan teori relativitas, yang nampak memaksa "waktu" utk mengikuti kecepatan bola,,,

Padahal waktu yg dibutuhkan bola utk bergerak naik-turun sama saja dilihat dari si A maupun si B..
Hanya saja si B melihat perpindahan balon bukan naik turun saja..tetapi ada pergeseran zig-zag (V) mengikuti gerak pesawat..
Disitu kita tidak melihat waktu berubah (melambat ataupun semakin cepat)
Yang ada hanyalah percepatan Bola dari sudut pandang si B karena gerak pesawat yg membawa bola..

Mengapa dalam teori Relativitas justru dikatakan waktunya melambat???
"Waktu" dipaksa mengikuti kecepatan "Bola" yg di mutlakkan tidak bisa berubah *baca "cahaya"(300.000.000m/s)


Btw, masih ingatkah agan-agan dengan game action pesawat di luar angkasa?
disitu kita bisa melihat bagaimana gerakan pesawat yang sebanding(atau lebih cepat) dari tembakan lasernya..
namun laser yg keluar justru tidak seperti gambaran dlm teori relativitas..

 
Nih buat BONUS video penjelasannya.. yang beberapa diantaranya ttep gak masuk akal menurut ane

Silahkan yg mau bantu menjelaskan, menambahkan, menyanggah, mengkritik, dsb..
ane bukan ilmuan gan, cuma org biasa yg masih bingung & penuh pertanyaan thd teori2 tsb


Sumber : Kaskus / Saddhasuriya

0 comments:

Post a Comment