Home » , , » Kenal Lebih Dekat Dengan Suku Bajau, Manusia Air

Kenal Lebih Dekat Dengan Suku Bajau, Manusia Air

Sedikit Tentang Suku Bajau

Suku Bajau adalah suku bangsa yang tanah asalnya Kepulauan Sulu, Filipina Selatan. Suku ini merupakan suku nomaden yang hidup di atas laut, sehingga disebut gipsi laut. Suku Bajau menggunakan bahasa Sama-Bajau. Suku Bajau sejak ratusan tahun yang lalu sudah menyebar ke negeri Sabah dan berbagai wilayah Indonesia. Suku Bajau juga merupakan anak negeri di Sabah. Suku-suku di Kalimantan diperkirakan bermigrasi dari arah utara (Filipina) pada zaman prasejarah. Suku Bajau yang Muslim ini merupakan gelombang terakhir migrasi dari arah utara Kalimantan yang memasuki pesisir Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan dan menduduki pulau-pulau sekitarnya, lebih dahulu daripada kedatangan suku-suku Muslim dari rumpun Bugis yaitu suku Bugis, suku Makassar, suku Mandar. Saat ini, Suku Bajau menyebar hampir di seluruh kepulauan Indonesia (terutama Indonesia Timur), bahkan sampai ke Madagaskar. Kebanyakan Suku Bajau yang menyebar mulai tinggal menetap dan berbaur dengan suku-suku lain.
Wilayah yang terdapat suku Bajau di Indonesia, antara lain :

Kalimantan Timur (Berau, Bontang, dan lain-lain)[1]
Kalimantan Selatan (Kota Baru) disebut orang Bajau Rampa Kapis
Sulawesi Selatan (Selayar)
Sulawesi Tenggara
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur (pulau boleng,seraya,longos,pulau Komodo dan sekitarnya)
Sapeken, Sumenep
Dan lain-lain

5 Fakta Unik Suku Bajau, Manusia Air

Berbicara tentang manusia laut tentu tidak lepas dari sebuah suku yang bernama Bajau. Secara tradisional orang-orang Bajau tinggal di atas perahu kecil dan selalu berlayar baik siang maupun malam mengarungi samudera dengan satu tujuan yaitu menangkap ikan sebagai satu-satunya mata pencaharian mereka.

Uniknya suku Bajau ternyata berasa dari Kepulauan Sulu daerah di Filipina Selatan. Suku ini hidup nomaden di atas perahu mereka sehingga dijuluki sebagai Gipsi Laut atau manusia laut. Di Indonesia sendiri suku Bajau banyak tersebar di kawasan Indonesia Timur salah satunya ada di Kalimantan. Kahidupan suku ini sangat unik dan menarik untuk dipelajari, dan berikut fakta tersembunyi tentang suku Bajau.



1. Suku yang Tidak Memiliki Kewarganegaraan
Suku Bajau merupakan kelompok pengembara yang tidak memiliki kewarganegaraan. Meskipun aslinya suku ini berasal dari daerah Filipina Selatan namun negara itu pun bahkan tidak mengakui status legalitas kewarganegaraan suku ini. Suku Bajau tersebar di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina.
                                  Suku yang Tidak Memiliki Kewarganegaraan (Bored Panda)
Orang-orang Bajau sangat ahli dalam bertahan hidup di tengah ganasnya perairan laut. Bayangkan saja mereka hanya bermodal perahu kayu kecil dan menghabiskan hidupnya di sana. Meski kini banyak orang-orang Bajau yang menempati pulau-pulau kecil namun warga setempat yang mengetahui akan langsung mengusirnya.

2. Suku Bajau dari Lahir Hingga Mati Berada di Perahu
Seluruh kehidupan orang Bajau dihabiskan di atas perahu. Mulai dari melahirkan, menjalani kehidupan hingga mati, semua terjadi di perahu mereka. Untuk urusan pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka akan menangkap ikan yang kemudian hasil tangkapan mereka akan ditukar dengan barang milik penduduk di daratan Indonesia.

                                   Suku Bajau dari Lahir Hingga Mati Berada di Perahu (Bored Panda)Meski kehidupannya nomaden namun ketika ada kerabat yang meninggal suku Bajau tetap melakukan tradisi penguburan jenazah terutama suku Bajau yang beragama Islam. Mereka melakukan ritual layaknya orang Islam pada umumnya seperti memandikan jenazah hingga prosesi penguburan.
 

3. Suku Bajau Tidak Dapat Baca dan Tulis
Terdapat sedikit fakta unik tentang suku Bajau yang banyak ditemukan di Indonesia bagian timur. Ternyata sebagian besar dari mereka tidak bisa berbahasa Indonesia secara fasih mereka malah menggunakan bahasa seperti melayu Malaysia. Hal ini menandakan jika kekerabatan mereka lebih dekat dengan orang melayu Malaysia ketimbang warga Indonesia.


                                        Suku Bajau Tidak Dapat Baca dan Tulis (Bored Panda)Selain itu mereka juga dikenal tidak terlalu mementingkan pendidikan formal. Sebagai konsekuensinya suku Bajau adalah kelompok masyarakat yang buta huruf. Mereka tidak bisa membaca dan menulis, kehidupan mereka hanya seputar melaut dan mencari ikan untuk kebutuhan sehari-hari saja.


4. Suku Bajau Tidak Tahu Umur Mereka
Kehidupan berpindah-pindah dari perairan satu ke perairan lainnya membuat suku Bajau tidak begitu mementingkan pendidikan bagi keturunannya. Hasilnya tentu saja mayoritas dari mereka tidak mengenal huruf alias buta huruf. Bahkan mereka tidak begitu mempermasalahkan jumlah umur yang mereka miliki.


                                        Suku Bajau Tidak Tahu Umur Mereka (Bored Panda)Mayoritas suku Bajau yang ditemukan di daerah Berau maupun Wakatobi ternyata tidak bisa menjawab ketika ditanya berapa umur mereka. Ternyata mereka tidak menghitung jumlah umur bahkan mungkin mereka tidak pernah mengingat kapan mereka lahir. Bagi mereka laut telah memberikan segalanya yang mereka butuhkan dan itulah yang terpenting dalam kehidupan mereka.
 5. Suku Bajau Adalah Penyelam yang Handal
Laut adalah kehidupan bagi orang-orang Bajau. Artinya mereka menggantungkan kehidupan mereka dari hasil tangkapan ikan mereka di laut. Dari situlah mereka dapat menjalani hidup dari waktu ke waktu.


                                   Suku Bajau Adalah Penyelam yang Handal (Bored Panda)
Satu hal yang unik adalah bahwa anak-anak suku Bajau telah dilatih untuk bertahan hidup di laut. Sejak dini mereka diajari cara berenang dan menyelam, mereka juga di latih cara menangkap ikan di lautan lepas. Sehingga saat anak-anak ini berusia delapan tahun mereka sudah mahir untuk menyelam. Anak dengan umur yang masih belia tersebut sudah sibuk dengan urusan berburu ikan di laut.
Foto Suku Bajau:
Sumber : Kaskus / unitedd dan boombastis.com

0 comments:

Post a Comment