Home » , » Semut Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

Semut Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

Kenalan Dulu Dengan Semutnya Gan
Semut adalah serangga atau ordo Hymenoptera sama denga lebah dan tawon. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis. Sebagian besar kehidupan mereka hidup di kawasan tropis.
Mereka disebut juga serangga sosial, yaitu ditandai dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur di berbagai koloni. Masing-masing anggota koloni ada yang terbagi menjadi ratu semut, semut pejantan, semut pekerja, dan semut prajurit

Semut Rangrang


(Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Dalam bahasa Inggris ia disebut weaver ant atau "semut penganyam". Rangrang sebagaimana banyak semut lain adalah serangga sosial dan membentuk koloni. Koloni rangrang dapat sangat tinggi populasinya.

Di dunia dikenal dua jenis rangrang yang masih menyintas. Sisanya ditemukan dalam bentuk fosil. Jenis pertama adalah rangrang asia (O. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan rangrang afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika.

Serangga ini bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak". Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya. Karena perilaku ini, banyak pemilik pohon buah di Asia Tenggara memanfaatkannya untuk menjaga buah yang mulai ranum. Selain sebagai penjaga, rangrang dimanfaatkan manusia sebagai sumber pakan burung berkicau peliharaan. Larvanya dikenal sebagai kroto dan disukai oleh burung pemakan serangga. Kroto merupakan komoditas perdagangan sekunder sebagai tambahan penghasilan petani.
Rangrang memiliki perilaku memelihara beberapa jenis kutu sisik untuk diperah cairannya.


 Dengan kekuatan super mereka, semut-semut ini terlihat seperti siap untuk membuat karya seni dengan mengangkat pensil-pensil yang beratnya beberapa ribu kali berat badan mereka sendiri.

Fotografer Vietnam Thanh Ha Bui
menangkap gambar-gambar yang luar biasa ini di halaman belakang rumah orang tuanya, setelah melihat semut-semut rangrang super kuat berbaris di cabang pohon, kemudian memutuskan untuk menguji kemampuan "mengangkat" mereka yang legendaris

Awalnya ia bereksperimen dengan potongan-potongan makanan dan daun, dan kini berakhir dengan pemotretan yang luar biasa ini - dengan setiap semut menampilkan kekuatan tingkat tingginya.

Mr Bui, 31, seorang pekerja konstruksi dan fotografer freelance, menjelaskan bagaimana dia telah terpesona dengan semut api - terkenal sebagai "binaragawan dari kerajaan serangga" - sejak mengamati mereka dalam perjalanan ke Brasil.

Dia berkata: "Suatu hari saya melihat pohon-pohon di kebun orang tua saya - pohon adalah salah satu inspirasi besar saya - dan tiba-tiba saya melihat semut-semut ini berbaris dan mereka menatap saya.

"Saya ingat melihat beberapa semut seperti ini ketika saya bepergian di Florianopolis di Brasil di mana saya melihat semut-semut membawa bunga kecil yang indah.

"Saya memiliki ide untuk mencoba berinteraksi dengan mereka dengan menawarkan mereka makanan seperti kulit kentang dan buah kelapa yang telah menjadi kompos di kaki pohon tapi saya tidak tahu bahwa mereka akan berubah menjadi begitu kuat.

'Seiring berjalannya waktu, hal ini menjadi semacam permainan - momen penjinakan. Saya mulai menarik perhatian mereka dengan makanan dan mencoba segala macam objek yang berbeda untuk melihat apakah mereka bisa membawanya."

'Saya mulai dengan daun dan kemudian pindah ke cabai, lalu potongan kertas dan bunga."

"Saya benar-benar terkejut dengan kekuatan mereka. Tidak ada yang sebanding untuk itu. Bahkan teman-teman fotografer saya berpikir bahwa itu adalah foto palsu karena sangat luar biasa.

"Sebagai perbandingan, apa yang mereka lakukan sama seperti manusia yang mengakat ikan paus."

Semut rangrang (weaver ant) dikenal sebagai "juara angkat besi" dari dunia serangga. Rata-rata, mereka hanya berukuran 4-10 milimeter panjangnya, tetapi dapat membawa item ratusan kali berat badan mereka sendiri dengan rahang mereka yang super kuat.

Ini adalah setara dengan rata-rata pria mengangkat 8600kg dengan giginya.
(jadi inget lagu obbie messakh: “malu aku malu … pada semut merahh)






Mr Bui mengatakan: "Mereka mengingatkan saya kepada binaragawan kecil.

"Mereka seperti manusia dalam cara mereka berkomunikasi dan merencanakan kehidupan sehari-hari dan, seperti kita, mereka adalah makhluk sosial."

"Ketika saya melihat mereka, saya seperti anak kecil, sangat kagum setiap kali saya memberi mereka sesuatu yang baru - selembar kertas, cabai, pensil, dua pensil dan lebih dan lebih.

"Mereka menerima dan memegang barang-barang secara alami. Tampaknya suatu hal yang sederhana pada pandangan pertama, tetapi kesederhanaan ini memberi saya seperti sukacita yang tak terduga. Inilah yang membuat saya merasa dekat dengan alam. "


Foto Binaragawan nya Gan







PrologTidak sedikit orang yang menganggap bahwa semut rangrang hanyalah serangga yang menyusahkan dan dinilai banyak mengganggu tumbuhan. Ada juga yang mengatakan jika semut rangrang hanya membuat tanaman rusak dan tidak berbuah.

Namun anggapan ini salah
Di sebagian kalangan, semut ini dijadikan sebagai mesin pencetak uang yang dinilai memiliki nilai jual yang tinggi, budidaya semut rangrang ini memiliki potensi besar dalam mendulang uang sampai puluhan juta rupiah


Sumber : Kaskus / unitedd dan versesofuniverse.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment