Home » » Makna Dibalik Lagu Peterpan - Bintang Disurga

Makna Dibalik Lagu Peterpan - Bintang Disurga

INTRO

Halo Agan agan dan sista yang cantik dan ganteng semua Disini ada fansnya Peterpan a.k.a NOAH BAND gak ??
Kalo ada salam hangat untuk kalian semua
Kalo gk ada tetep ane kasih salam hangat untuk kalian juga 

Di trit sederhana ini ane mau ngebahas tentang lagu dari band fenomenal di tanah air nih gan
yang biasa disebut peterpan atau yg sekarang telah merubah namanya menjadi NOAH BAND

sebelumnya ane mao ngasih tau nih gan trit ane ini awalnya ane bikin di forum inspirasi namun karna udah 24 jm
tidak di approve, mungkin salah kamar kali ya
jadi nya ane memutuskan buat bikin di lounge aja deh .
oke gan lanjut
Band yang vokalis nya telah tersandung kasus di tahun 2010 silam lalu ini
memang mempunyai segudang lagu lagu fenomenal yg mempunyai makna tersirat yang sangat dalam,

walaupun doi di cap band porno karna telah tersandung kasus yang lalu,
namun tidak menyurutkan semangat ane untuk tetap mengapresiasikan karya karya nya,

Oke langsung saja gan. lagu yang akan ane bahas disini itu judul nya adalah


BINTANG DISURGA
Yups Bintang Disurga
Ente ada yg suka sama lagu ini juga ?
kalo ada silahkan simak gan, karna lagu ini liriknya sangat dalam dan mempunyai makna yang sangat indah
lagu ini sangat menginspirasi ane
dan juga sangat menggambarkan hidup ane yg penuh dengan tekanan hidup Tekanan hidup yang ane maksud bukan karna cinta gan

tapi karena betapa pahitnya kehidupan yang ane jalani ini karna problematika kehidupan
mulai dari faktor keluarga, Faktor teman teman, dan faktor keuangan
nah jadi curhat dah tuh ane mungkin ente juga ada yg senasib sama ane,

kalo ada coba simak dibalik makna lagu ini gan
karna akan sangat menyentuh batin ente
Oke gan mari kita simak ,
Tapi sebelum itu baca dulu intro ini ya 


Lagu-lagu karya Peterpan memiliki ciri khas yang kuat, terutama dalam segi pemilihan kosakata yang dituangkan pada lirik. Tipis, nyaris menyentuh garis batas to the point. Sang lirik dapat mengandung unsur makna yang ganda dan dapat diinterpretasikan menjadi arti yang berbeda oleh tiap pendengarnya. Pengaruh Kahlil Gibran cukup kental dalam diri si pencipta lagu yaitu Ariel.

Untuk bahasan pertama, lagu Bintang di Surga nampak cocok untuk diuraikan. Karena alur lagu ini cukup kompleks dengan bahasa yang terlihat acak antar baitnya, sehingga butuh pendalaman untuk mengetahui arti pesan yang ingin disampaikan lewat lagu ini.

P.S

Makna yang ane tangkap bisa jadi berbeda juga dengan ente
Inilah maknanya lagu ini yang ane petik
simak ulasan berikut


(1) Masih ku merasa angkuh
Terbangkan anganku jauh
Langit kan menangkapku
Walau ‘kan terjatuh
for ilustrasi: 



arti bait 1:

Kesan acuh terhadap sekitar, bahkan cenderung menghindari realita yang ada tercermin dalam pemilihan kata ‘angkuh’. Mungkin hal ini, sikap menarik diri dari lingkungan yang menyebabkan mimpi beserta angannya tak tercapai. ‘Langit kan menangkapku. Walau kan terjatuh.’ Ia berharap seseorang dapat mencoba menopangnya, menjadi tempatnya menggantungkan harapan. Namun, tak terjadi. Maka dari itu kata ‘Langit’ dipilih. Karena, walau ada ungkapan “Gantungkan mimpimu setinggi langit”, langit hanya ‘kan diam, walau ada namun tak perduli.


 
(2) Dan bila semua tercipta
Hanya untukku merasakan
Semua yang tercipta
Hampa hidup terasa
for ilustrasi: 


 arti bait 2:

Di bait ini adalah bagian dimana ia bercerita tentang hidupnya. Lebih tepatnya berkata dalam hati, merefleksikan isi hati. Ia mengeluh, ia merasa kehidupan yang ia jalani kini tak memiliki alur yang jelas dan tanpa tujuan. Kekosongan menyertai langkahnya, ia merasa hidup ini tersisa hanya sekedar menunggu apa yang terjadi, bukan untuk mencipta sesuatu, atau dengan bahasa mudahnya “Ah, gimana nasib berbicara saja deh..” Hampa pun menyelimuti perasaan hatinya, ketika tak sedikitpun arti yang ia peroleh sejauh ini ia bernafas.

 
 (3) Lelah tetapku mencari
Arti untukku membagi
Menemani langkahku
Namun tak berarti
for ilustrasi: 



arti bait 3:

Dalam keadaan yang semakin tak menentu, pemilihan bahasa semakin lugas , memberi kesan bahwa ia dalam keadaan yang telah cukup pasrah akan hidupnya sekarang ini. Ia merasa lelah dalam pencariannya menemukan tempat untuk sekedar bercerita, berbagi canda tawa setiap waktunya. Walau terus berusaha, pada kenyataanya tak menuai hasil. Mungkin ini efek samping sikap angkuh yang tertera ‘di awal’ perjalanan ia memulai hidup

 
(4) Dan bila semua tercipta
Tanpa harusku merasakan
Cinta yang tersisa
Hampa hidup terasa

 for ilustrasi:


arti bait 4:

Nyaris tak ada perbedaan dengan bait ke-2, yang membedakan hanyalah baris ke 2 & 3. Dari kedua bait tersebut, benang merahnya selalu berujung pada satu kata kunci yaitu, Hampa. Di bait ke 4 ini, jelasnya ia merasa hampa saat semua yang berlalu dalam kehidupannya bahkan tak menyisakan satu cintapun untuknya,sekalipun itu adalah cinta yang tersisa.

 
 (5) Bagai bintang di surga
Dan seluruh warna
Dan kasih yang setia
Dan cahaya nyata

 for ilustrasi:


arti bait 5:

Inilah puncaknya. Dimana ia nyaris merasa depresi dan frustrasi
dengan segala hal yang terus membebani hidupnya. Ia memohon untuk dapat diberi jalan keluar dan mendapat sesuatu yang lebih baik. Bintang seringkali disimbolkan sebagai pengharapan, bahkan ada yang orang-orang yang senang memohon pada bintang jatuh. Maka, ‘pengharapan’ ini disandingkan dengan kata ‘di surga’, pusat dimana segala kebahagiaan terpancar yang konon berada di tingkatan langit ketujuh, begitu tinggi tentunya. Jika digabungkan, ‘Bintang di surga’ berarti ia berharap segala keinginannya ini dapat menjadi kenyataan. Kenginannya sangat menjulang untuk segera keluar dari rasa hampa yang menyelimuti, sudah terlalu muak ia hidup seperti ini.


(6) Oh bintang di surga
Berikan cerita
Dan kasih yang setia
Dan cahaya nyata

for ilustarsi:
 arti bait ke 6:

Kembali ia memohon, memohon dengan sangat. Ia berharap mendapat ‘sesuatu’ yang selama ini ada namun seolah tak tampak, ‘sesuatu’ itu ialah kasih sayang, perhatian lebih tepatnya. Di bait-bait sebelumnya ia berusaha mencari pegangan, tempat berbagi, tempat berkeluh kesah namun tak kunjung didapat. Walau sebenarnya ada orang-orang di sekelilingnya, namun tak ada respek yang mereka beri, kembali efek dari keangkuhan tadi. Maka ia meminta agar cahaya menjadi nyata dan nampak, menerangi dalam gelap yang kini ia lalui.



Kesimpulan:

"Bintang di Surga" adalah permohonan besar dari seorang yang kesepian Karakter orang di dalam penggalan lirik ini adalah tertutup / introvert seperti ane . Berawal dari dirinya yang acapkali menarik diri dari pergaulan sekitar, hingga akhirnya ia merasa bahwa hidupnya tak lagi memiliki arti dan tujuan yang pasti. Dalam perjalanannya yang terus berlanjut, pencarian pada ‘arti’ itu tetap tak berujung. Bahkan ia sampai merasa tak lagi dicintai dan disayangi, ia merasa seorang diri. Hingga akhirnya ia hanya dapat memohon. Tersirat bahwa ia menyesali hal yang telah berlalu.

Lagu ini berakhir tanpa ada penjelasan apakah permohonannya tersebut terwujud atau tidak, dengan kata lain berakhir dengan ketidakpastian dari takdir hingga tak ada jalan lain baginya untuk menunggu nasibnya berputar apa adanya.

Memberi makna lain pula, bahwa sekedar permohonan dan doa itu tak cukup, membutuhkan usaha untuk mewujudkannya.

Spoiler for video klipnya


 
Sumber : Kaskus / wahyudit

0 comments:

Post a Comment