Home » » Beginilah Jika Matahari Diganti Dengan Bintang Lain

Beginilah Jika Matahari Diganti Dengan Bintang Lain




Matahari dan bulan telah menghiasi langit bumi selama miliaran tahun, sehingga mungkin menjadi sulit dibayangkan bagaimana bintang lain akan terlihat jika ditempatkan di tempat matahari, atau bagaimana penampilan langit malam kita.
jika planet lain menggantikan bulan.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Badan Antariksa Federal Rusia telah merilis sebuah animasi yang luar biasa tentang bagaimana percaya, cakrawala planet kita akan terlihat jika matahari digantikan oleh bintang-bintang lain – dan hasilnya sangat menakjubkan.

Animasi itu menunjukkan bagaimana siang hari di bumi dengan menempatkan bintang-bintang yang berbeda di jantung tata surya kita.

Bintang pertama, Alpha Centauri, bintang terdekat dengan matahari kita, dan salah satu yang paling terang di langit malam selatan. Pada kenyataannya, bintang ini terletak sekitar 4,3 tahun cahaya, hampir 300.000 kali jarak dari Bumi ke matahari. Jika Alpha Centauri mengganti matahari kita, sistem bintang ganda akan muncul dalam langit kita. Bersama dengan bintang pendampingnya, Alpha Centauri B, mereka mengorbit pusat gravitasi bersama mereka setiap 80 tahun. Jarak rata-rata antara mereka adalah sekitar 11 unit astronomi (AU) – sekitar jarak yang sama dengan matahari ke Uranus.

 Alpha Centauri A dan B
 

Spoiler for sirius:
Sementara Sirius adalah bintang paling terang di langit, dan berada sekitar 8,6 tahun cahaya jauhnya dari bumi, dengan massa dua kali lipat dari matahari kita. Sirius di konstelasi Canis Major Greater Dog dan di cakrawala planet kita akan muncul di bawah kabut biru.

Spoiler for arcturus terbenam:


Animasi juga mengungkapkan Arcturus mengisi langit bumi. Arcturus, raksasa merah, terlihat oranye. Ini adalah bintang paling terang keempat di langit, dan saat ini sedang dalam tahap akhir kehidupannya.

Spoiler for Polaris:



Sedangkan Vega, memiliki ukuran yang sama seperti matahari kita, tetapi cerah dan panas.

Bintang terakhir yang ditampilkan adalah Polaris, yang juga dikenal sebagai Bintang Utara, terletak pada ujung pegangan Biduk Kecil (Little Dipper).



Badan Antariksa Federal Rusia juga telah membuat video yangmenunjukkan bagaimana langit bumi akan terlihat jika bulan digantikan oleh Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Ini menunjukkan betapa besar beberapa planet dengan Jupiter dan Saturnus tampak mengisi sebagian besar langit.

Radius bulan sekitar 1,738 km adalah sangat kerdil jika dibandingkan dengan planet lain dengan menempatkannya pada posisi bulan yang sekitar 384,000km dari Bumi. Mars, misalnya, ukurannya sekitar dua kali ukuran bulan, dengan radius 3,397 km.

Uranus adalah sekitar 25 kali lebih besar dengan radius 25,559 km, sementara Jupiter sangat jauh lebih besar dengan radius 71,490 km.

Menariknya, beberapa bulan dari planet-planet terebut juga akan berada di jalur tabrakan dengan Bumi. Dione, misalnya, yang mengorbit Saturnus pada jarak 377,000km, kemungkinan akan bertabrakan dengan bumi jika Saturnus berada di tempat bulan.

Efek lain yang menarik adalah pengaruh gravitasi di bumi jika planet lain ditempatkan cukup dekat. Mereka bisa menanggalkan atmosfer kita dan menyebabkan gelombang besar dan gunung berapi.

Jika Jupiter adalah planet di posisi bulan, kemungkinan Bumi bahkan tidak akan bertahan utuh, karena akan hancur dicabik-cabik oleh gravitasi Jupiter dan membentuk sebuah cincin di sekeliling raksasa gas tersebut.



Sumber : Kaskus / wahyudit

0 comments:

Post a Comment